Rindu di Malam Setengah Purnama

Malam setengah purnama, di dalam sebuah mobil yang beranjak dari Jakarta menuju Bandung, Kabayan dan Iteung zaman kiwari1 berkomunikasi via SMS:

Kabayan: Hmm, Rindu…

Iteung: Hmm, Rindu…?

Kabayan: Iya, Rindu…

Iteung: Si Rindu bilang apa cenah2?

Kabayan: Nggak bilang apa-apa, tiba-tiba saja dia menyelinap dan mengganggu perasaan.

Iteung: Di sini juga ada si Rindu lagi menari, dia membuatku senyum-senyum :-)

Kabayan: Perlukah si Rindu kubunuh saja? atau biarkan saja dia terus mengganggu? atau kamu punya cara agar si Rindu tidak lagi mengganggu?

Iteung: Tak perlu, biarkan saja selama si Rindu tak menggoda logika untuk takluk pada perasaan. Jika dia membuatmu begitu terganggu, tersenyumlah dalam kesabaran menanti. Niscaya dia kan beranjak.

Kabayan: Aku sudah sangat akrab dengan penantian. Tetap saja … RINDU!!

Iteung: Hmm, kalau begitu nikmati saja lah saat-saat merindu dalam penantian itu.

Kabayan: Yah, sekarang pun memang sedang aku nikmati …

Di Radio mobil yang dikendarai Kabayan, lamat-lamat terdengar sebuah lagu. Reflek, dari bibir Kabayan mengalir beberapa baris lirik, mengikuti alunan nada lagu tersebut.

ku berharap engkau lah
jawaban sgala risau hatiku
dan biarkan diriku
mencintaimu hingga ujung usiaku

jika nanti ku sanding dirimu
miliki aku dengan segala kelemahanku
dan bila nanti engkau di sampingku
jangan pernah letih tuk mencintaiku

(NAFF – Akhirnya Ku Menemkunmu)

Selesai mengirim SMS, Kabayan menyandarkan badannya ke kursi. Memejamkan mata, berharap bisa tidur. Hari itu memang terasa sangat melelahkan. Udara dan suasana kota Jakarta memang dirasa tidak pernah bersahabat dengan Kabayan. Akan tetapi, jalan Tol Cipularang yang bergelombang cukup mengganggu usaha tidur Kabayan. Ditambah, si Rindu benar-benar sangat mengganggu. Hingga akhirnya tiba di Bandung, mata Kabayan belum mampu terpejam sedetik pun. Sepanjang jalan itu, sosok Iteung tak henti-hentinya beranjak dari pikiran Kabayan. Namun, mengetahui Iteung baik-baik saja, Kabayan merasa tidak perlu merasa khawatir.

Tiba di rumah menjelang tengah malam, Kabayan tidak langsung tidur. Komputer tua dinyalakan. Icon si Rubah Api diklik. Membaca email, mencari bahan tulisan, membaca blog, membalas komentar di blog. Walaupun bahan yang dicari tidak ditemukan, Kabayan tidur cukup larut, dua jam menjelang Shubuh. Padahal, sebelum terbit Matahari, Kabayan harus beranjak meninggalkan lagi kota Bandung. Di sisa malam setengah purnama itu, Kabayan tidur membawa serta kelelahan dan kerinduan pada Iteung. Watir pisan, nya?3

Ket:

1bahasa sunda: sekarang, masa kini

2bahasa sunda: katanya

3bahasa sunda: kasihan sekali, ya?


25 Comments

  1. kuro says:

    aduh sami kang rindu…
    tapi lain ka si kabayan nyak :))

    kuros last blog post..Happy anniversary my mod

    hehe, ke kabayan oge gk kenapa2 kok :p

  2. adit says:

    wah kabayan zaman kiwari mah hebat pisan euy, tos gaduh hape sareng komputer

    Kan kabayan nya mengikuti zaman :D

  3. lala says:

    aah..
    blogwalking teh temanya rindu dimamana..
    kemaren chatting sama seseorang juga temanya rindu
    alias kangen alias sono…

    saya tuh lagi rindu *juga..

    tong ngingiluan atuuuuuuuhhhhh…

    *jadi melowww.. aahhhh

    lalas last blog post..“satu tiket studio 3, mba..”

    Ih, saya mah nggak niat nyindir kok … :p

  4. putri hujan says:

    Baru saja Iteung nitip pesen sama daku buat Kabayan.
    Begini katanya:

    “Kabayan, baca puisi ini tiap kali si Rindu hadir ya:

    ‘Di suatu tempat,
    Entah di mana, di dunia
    Seseorang menunggumu, berdo’a
    Seperti do’a yang biasa engkau ucapkan sehabis shalat

    Pada suatu saat, entah apabila, di dunia
    Seseorang merindukanmu, berjaga-jaga
    Seperti malam-malammu yang berlalu sangat lambat
    Seseorang menunggu, merindu, berjaga dan berdo’a
    Di suatu tempat, pada setiap
    Seperti engkau, selalu….’

    Itu puisi “Ular dan Kabut” karya Ajip Rosidi.”

    Sampaikan ke Kabayan ya :)

    putri hujans last blog post..Do’aku Hari Ini, Esok, dan Nanti

    Kata Kabayan, puisinya bagus … tapi kenapa Kang Ajip kasih judul Ular dan Kabut? pikasieuneun cenah :D

  5. Chimod says:

    Aku juga rindu nih, pengen liburan :( lam kenal ya :D

    Chimods last blog post..I love Being a Girl

    Ya, berlibur saja lah :-)

  6. yu2n says:

    hmm.. mungkin teu nya’ si Kabayan teh sebenerna mah si kang donny.. :)

    Hehe, selamat menebak-nebak deh :p

  7. ophelia says:

    keknya rindunya kabayan rindunya kang dodol deh.
    rindu.. sampai kapan harus menunggu. :D

    ophelias last blog post..Cinta di Ujung Sajadah

    Sok tahu… :p

  8. f474r says:

    Blogwalking Sambil Nyari Kenalan
    Salam Dari duitptc.info

  9. Edi Psw says:

    Wah, ternyata si kabayan juga hobby ngeblog ya?

    Edi Psws last blog post..Tips Melamar CPNS

    Yang ini mah kabayan generasi milenium … :D

  10. thez al fajr says:

    Sabar…sabar….

    Hehe…

  11. semoga penyebabnya bukan lantaran mengidap insomnia sehingga kabayan mesti tidur larut malam, hehe …

    sawali tuhusetyas last blog post..Ontran-ontran di Negeri Kelelawar (2)

    Kabayan sebenernya kan suka ngeronda pak :D

  12. Ratna says:

    Tumben Kabayan mellow dan puitis… :D

    Ratnas last blog post..Menikahi Anak Dibawah Umur

  13. Amrul says:

    pengeeen bertemu dirinya…. :D

    Amruls last blog post..Me VS Director of Telkom Polytechnic

  14. dikma says:

    hehehe ..
    kabayan, kabayann ..

    dikmas last blog post..WordPress 2.6.3 : Present

  15. Harry says:

    sepertinya ini kisah nyata ya om? pengalaman pribadi :D

    Harrys last blog post..Bersin-bersin

  16. dajal007 says:

    weks…. baru tau, ternyata lo bisa juga mellow2an :D

    gamesnya minggu depan aja yah… lagi males mulainya nih (abis ngelepas rindu juga di tangerang) :P

    dajal007s last blog post..kemiskinan : sedikit telaah aja

  17. Donny Reza says:

    @Ratna,
    Da kabayan yang ini mah rada aneh :))

    @Amrul,
    temuin aja atuh :-)

    @Dikma,
    Hee hee…

    @Harry,
    Ah, tanya aja sama Kabayan! :p

    @dajal007,
    Kabayannya lagi melankolis, kasian iteung kalo heureuy wae mah :p
    Ciieee, yang abis melepas rindu :p

  18. Hyorinmaru says:

    Ah,dasar geek.. Hehe,bgtu dtg lgsg online :-D
    Kabayan yg ini mestinya pinter komputer. Oya kang,tampilin jg URL blognya si kabayan ini ya,d blogroll.. Saya koq jd pngin blogwalking ksna. Mana tau dpt inspirasi cinta, hihi..^^

  19. Ly says:

    aq pun lagi rindu kang…. :D

    Lys last blog post..Influenza

  20. aisah says:

    rinduu…. banget ….. Tuhan izin kan hamba berjumpa dengannya….

  21. nazhara says:

    rindu seklai dengan dua purnamaku… :D

    nazharas last blog post..Lentera Jiwa

  22. diah tresna says:

    kang kabayan???? karunya teuing??? sekarang rindu itu telah menggelitik hati ku juja
    halah…. kumaha atuh… tp da teu aya jalmi na jauuuuuh
    antara bandung dan bogor

  23. sky says:

    Sepanjang jalan itu, sosok Iteung tak henti-hentinya beranjak dari pikiran Kabayan.

  24. alah…. kumaha atuh… tp da teu aya jalmi na jauuuuuh
    antara bandung dan bogor


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>