Guitar Player

Forgotten Guitar Player

Saya sedang merindukan bermain gitar. Terutama di waktu-waktu sedang sering menyendiri seperti sekarang. Setidaknya sudah hampir 4 tahun saya tidak benar-benar bermain gitar lagi. Pernah beberapa kali memegang gitar lagi, tapi tidak lama. Nyaris lupa dengan lagu-lagu yang pernah saya mainkan sejak SMP sampai awal-awal kuliah.

Saya pernah bermimpi menjadi seorang musisi. Tidak banyak yang tahu bahwa alasan saya memilih kuliah di Bandung sesungguhnya adalah untuk menjadi seorang musisi. Namun, justru setelah di Bandung, keinginan saya itu mulai terkikis. Saya merasa, dunia glamor, dunia panggung atau dunia hiburan, bukan dunia saya. Ada perasaan ketidaknyamanan dalam hati yang membuat saya memilih untuk tidak melanjutkan cita-cita tersebut.

Old Guitar Saya mulai bermain gitar sejak kelas 1 SMP. Alasan saya ingin belajar gitar karena rasanya cool dan macho kalau melihat para pemain gitar. Dan … sepertinya menyenangkan dikelilingi perempuan ketika bermain gitar. Saya tahu rasanya dan … memang menyenangkan. :setan1: Itu, duluuuu. Namun, sesungguhnya saya merasa nyaman saja ketika dalam suasana hati seperti apa pun bisa melampiaskannya melalui gitar. Ada yang bilang, saya terlihat lebih tampan dan tampak melankolis kalau sedang bermain gitar. (Huehehe, anda boleh muntah …!!)

Adalah sahabat-sahabat saya di SMP yang mengajari saya bermain gitar. Lagu pertama yang saya mainkan dengan lancar adalah “Kuberkhayal” dari Five Minutes yang waktu itu kemana-mana memakai sarung. Menyusul kemudian lagu “Kemesraan” dari Iwan Fals. Dari pergaulan dengan sahabat-sahabat saya, kemudian menyusul berbagai macam lagu lainnya yang bisa saya mainkan. Jadi, saya belajar secara otodidak.

Ketika SMA saya mulai membentuk Band dengan teman-teman sekelas. Namun, selama 3 tahun, hanya tiga kali naik panggung. Kelas 1 sekali, kelas 2 sekali dan kelas 3 sekali … alias setahun sekali. Pernah bergabung dengan beberapa band, dari yang paling hancur sampai yang sedikit lebih baik dari pada yang paling hancur ๐Ÿ˜€ . Dari yang pop-melankolis sampai yang nge-rock abis. Herdyan pernah latihan juga dengan saya. Ketika perpisahan kelas 3, saya jadi gitaris untuk membawakan 3 buah lagu dari Helloween, band rock asal Jerman. Saat itu saya sepanggung dengan Funky Kopral formasi awal, dimana Bondan Prakoso dan Onci “Ungu” masih tergabung didalamnya.

Saking tergila-gilanya ingin menjadi musisi, saya kemudian berlangganan tabloid musik. Saat itu ada Mumu (Muda Musika), tabloid musik yang terbit seminggu sekali. Saya pelajari tips-tips yang ada di tabloid tersebut. Jadilah saya orang yang agak melek soal musik saat itu.

Saat SMA Kelas 3, biasanya tiap kelas memiliki nama. Saya masuk ke kelas 3 IPA 3, yang diberi nama Xtreme (eXacta Three Milenium). Kebetulan saya bisa memainkan lagu “More Than Words” dari Extreme. Jadilah lagu tersebut sebagai lagu “kebangsaan” kelas tersebut dan termasuk lagu yang paling sering dinyanyikan bersama-sama. Sekarang, saya sudah lupa sama sekali dengan chord lagu tersebut.

Gitaris favorit saya adalah Dewa Budjana dan Pay, sementara gitaris luar negeri saya tergila-gila dengan permainan gitar John Petrucci. Sempat juga terpengaruh oleh Paul Gilbert dan Nuno Bettencourt. Saya sangat menyukai lagu instrumental bertajuk “Wanita” dan “Selamat Tidur … Sayang!” dari Budjana, serta “Lost Without You” dari John Petrucci. Beberapa bagian solo gitar John Petrucci di beberapa lagu Dream Theater dan Liquid Tension Experiment sampai membuat saya terkagum-kagum. Namun, sesungguhnya saya sangat ingin sekali bermain gitar seperti Naudo. Gitaris Spanyol kelahiran Brazil yang sudah bermain gitar sejak berumur 5 tahun.

Budjana petrucci02.jpg

Ketika mendengarkan musik, sesungguhnya bukan hanya gitar saja yang menjadi perhatian saya. Bass dan ketukan Drum serta permainan Keyboard atau Piano -jika ada- juga sering saya perhatikan. Saya sangat menyukai gaya permainan drum Ronald ketika masih tergabung di GIGI, terutama di album 3/4.

Pada dasarnya, saya menyukai segala jenis musik. Dari musik sunda sampai rock cadas. Akan tetapi, lagu-lagu yang saya suka adalah yang melodius dan tidak membosankan. Apa pun jenis musiknya. Terutama jika lagu tersebut agak menonjolkan kemampuan musisinya. Terlebih jika unsur gitarnya menonjol, terutama gitar akustik. Beberapa contoh lagu adalah “Have You Ever Really Loved a Woman” dari Bryan Adams, “Merepih Alam” versi Audy, “Khayalku” versi Chrisye dan Nicky Astria serta “The Spirit Carries On” dari Dream Theater. Entah mengapa, rasanya sulit sekali mendapati lagu-lagu Indonesia sekarang yang seperti itu.

Arrrggghhhh, sepertinya saya harus beli gitar lagi…

Bandung, 22 Juni 2008. 01.00

Daftar Gambar:

loading...

Previous

Darussalam: Masjid yang Patut Dicontoh

Next

Blank #1

49 Comments

  1. Ah, sepertinya saya tak akan pernah bisa memikat perempuan dengan bermain gitar. Sudah berkali-kali saya tekuni dengan serius, tapi teteup malah nggak bisa-bisa juga maen gitarnya.

    Fyuh…

    kuncinya sih sering latihan Gie ๐Ÿ™‚

  2. Aih… aih jadi inget lagu-lagu ini mas ๐Ÿ˜€

    Chris Rea- Driving Home For Christmas
    Eric Clapton- Tears In Heaven
    Lee Ritenour- Rio Funk
    Santana feat Michelle Branch- Game of love
    John Denver- John Denver

    dan… banyak lagi
    Duhh… kemana CD-nyah, banyak yang pinjem nggak kembali neeh !!

    Satu lagi lupa !!
    Cekut-cetkut hota-e… by Bollywood

    haniifa’s last blog post..Mekah sebagai pusat bumi 4

    Wah, saya tidak menduga, selera mas Haniifa jazzy ๐Ÿ˜€ yang cekot2 hota hai kalau ada versi jazzy-nya bagus juga tuh ๐Ÿ˜€

  3. edy

    hehehe boleh nih minggu depan siapin gitar, bro

    edy’s last blog post..Cari 17 Tahun

    Hehe, tadi di acara batagor nggak ada mas ๐Ÿ˜€

  4. main gitar? kebetulan ane bukan penggila gitar atau suara gitar

    sendiri/ :bayipreman:

    makan yuk?

    Hehe, makan dimana?

  5. yaaa.. ‘pendekar bergitar’ memang cool siihh, apalagi bawain lagu2 yg dihapal dan disenangi kaum cewek :tweety5: waaahhh.. udah deh. hehe.
    so, abis gajian jadi beli gitar nih kang? :bayikedip:

    Wah, belum nih, ada kebutuhan lain yang lebih mendesak

    yu2n’s last blog post..Harus mengakui kejeniusan tim orange Belanda

  6. gitar, adalah salah satu teman setiaku,,,
    menemaniku setiap susah dan senang…..

    yusdi’s last blog post..SNATI 2008 [learning report]

    Wah, temen setianya masih ada?

  7. Dilla

    Dapet royalti, beli gitar ya, Don..? Ihihi

    wkt SMP, utk mendukung ketomboian saya, wkt itu, s4 bljr gitar. Tp ga bisa2. Heddehh..

    Dilla’s last blog post..Kebiasaan Baru Si Ayah

    Hehe, royalti? kapan ya? :))

  8. tau engga lagu Bang Rhoma buat OST Si Doel ?

    “Doel, aku suka padamu, Doel
    Aku memang suka…
    Ya..ya..ya..”

    agah SURAGAH’s last blog post..TIGA PETUAH PAPAH TENTANG CINTA

    Hehe, teu apal anu eta mah, tapi lamun anu “dulu aku gila padamu dulu aku memang gila…” rada apal gah :))

  9. wah, sungguh ndak menduga kalau ternyata mas donny sangat piawai bermain guitar. nah, memang seringkali keinginan dan cita2 sering berbelok arah, mas, tapi nggak apa2 kok. mungkin apa yang mas donny dapatkan hari ini merupakan jalan terbaik yang mesti digeluti. utk menyalurkan hobi, mas donny kan bisa bermain guitar setiap saat, toh, hehehe :bayingakak:

    sawali tuhusetya’s last blog post..Refleksi Pasca-Ujian Nasional

    belum terlalu piawai pak sawali, apalagi tangan saya sudah mulai kaku lagi sekarang ๐Ÿ™

  10. mas, ayo kembangkan bakat yang ada.. jgan menyerah ditengah mas!!!!.. kita hanya perlu berusaha dan berdoa, berikhtiar… smoga yang mas tekuni itu menjadikan suatu pelajaran yang begitu berarti bagi kehidupan a..
    amiennnn

    ridwan’s last blog post..euro makin rame euy

    Kalau pengembangan ke arah yang lebih serius sih spertinya udah nggak lagi, paling untuk iseng dan santai aja ๐Ÿ™‚

  11. :bayinyengir:
    bawa senyum and nyantai jaaaa!!!!

    ridwan’s last blog post..euro makin rame euy

  12. kalo saya rindu ngeblog , makanya sekarang lagi di warnet

    realylife’s last blog post..ada yang salah menjadi no 2, 3 dst โ€ฆ ?

    Saya juga ๐Ÿ™‚

  13. Aha…nambah lagi blogger yg bisa main musik..
    Siap2 ngisi acara di pesta- blogger mendatang..

    Ehehe, acaranya kapan Ki?

  14. Huehuehue…same feeling i have. sama gw juga uda nyaris lupa kalo gw bisa maen gitar. Btw don, selama ini kita belum pernah satu band bareng ya? cuma latihan2 aja ya?

    Iya Thez, itu juga cuma sekali kalau nggak salah … you know, lagu “Aku Cinta Kau dan Dia” pastinya punya kenangan khusus buat lu :))

    Hmm..John Petrucci…sama gw juga suka. Apalagi kalo denger dia maen di lagu This Dying Soul

    Hmm, This Dying Soul?

    Thez Al Fajr’s last blog post..Hati-hati PT Tipu-tipu (katanya sihโ€ฆ)

  15. Don alamat gw di blogroll belum diganti tuh, masih di blogspot…hehehe..

    Thez Al Fajr’s last blog post..Hati-hati PT Tipu-tipu (katanya sihโ€ฆ)

    Wokeh, dah diganti…

  16. 4 taun?
    heu..heu.. saya udah 7 tahun ga main gitar lagi.
    terakhir jaman sma an gitu deh.
    emang kadang suka kangen sama tuh gitar, tapi liat debunya yang tebel, bikin ilfil aja buat maennya. :bayingakak:

    nengthree’s last blog post..Fact About 4A

    Ouw, bisa maen gitar jg? duet yuk … :))

  17. ada seseorang yang saya kenal, hari ini dia mau posting tentang gitar

    eh?taunya si akang ngeduluin
    dia langung gajadi tuh

    hoia, ngomong-ngomong yang mau posting tentang gitar tapi gajadi tuh orangnya yang comment sebelum saya ini nih

    vieny’s last blog post..Udahhhh, mati aja laaahโ€ฆ

    Yah, posting mah posting aja atuh ๐Ÿ˜€

  18. Satu lagi .. dengan bermodalkan gitar, biasanya kita bisa lebih cepat dapat cewek ๐Ÿ‘ฟ hehehe dan kalo sedang ngapel, bisa diselingi dengan musik. Trus kalo mau nembak si dia, ga perlu kawatir. Cukup nyanyikan lagu yang pas buat menyatakan isi hati. Ditanggung langsung klepek klepek :mrgreen:

    erander’s last blog post..Jakarta tempo doeloe

    Kalau sama istri lebih romantis kali ya? :))

  19. Saya juga suka main gitar… dulu….
    Inget waktu mau belajar, diingetin, tapi harus rela kuku jarinya ntar jadi tebal. Gak papa. Dan ternyata tebel beneran…..
    Lagu pertama dulu ‘Kangen’nya Dewa.
    Dulu paling seneng denger permainannya Joe Satriani.
    Menusuk…..

    Joe Satriani ya? boleh juga seleranya ๐Ÿ™‚

  20. kayaknya saya dulu juga pernah megang gitar deh *cuma megang thok* :bayingakak: kayaknya emang keren ya kalau bisa main gitar

    Yah, tergantung yang megangnya juga ๐Ÿ˜€

  21. Ohh… ๐Ÿ˜ฎ

    dela luthu’s last blog post..Door Prize

  22. Beli aja gitarnya mas.. hehe (maksa :D)….Dengerin orang maen gitar buat aku seneeeng, ilang smua uneg2 yg dah nyampah di kepala(therapy musik), palagi memainkannya… :bayipreman:

    Rita’s last blog post..Kelamaan Didepan Layar TV / Komputer Rawan Mata Minus

    Rita sudah bisa juga pastinya memainkan gitar?

  23. kalo saya suka carlos santana, richie sambora, eric jhonson, joe satriani, eric clapton, rick price, tom morello dari audio slave, leerethnour tokoh jazz, steve vai, vitobrata (white lion.
    kalo lokalnya sih tohpati aja, andra, dewa budjana, abdi negara, kin sama baron..
    whehehe… banyak amat ya?

    tapi.. ah saya ga bisa sejago itu..

    nengthree’s last blog post..Fact About 4A

    Coba geura dengerin John Petrucci ๐Ÿ˜‰

  24. “Ada yang bilang, saya terlihat lebih tampan dan tampak melankolis kalau sedang bermain gitar. (Huehehe, anda boleh muntah โ€ฆ!!)”

    ===> Kalo saya menggolongkan lelaki spt ini adalah lelaki yg guitargenic (terlihat lbg ‘mending’ ketika maen gitar) wakakakakakka…. ๐Ÿ˜€

    “โ€œHave You Ever Really Loved a Womanโ€ dari Bryan Adams”

    ==> Yupe love its song too.. the guitar, music, the lyric… bikin merinding2 disko gmn gt..hehehe
    “… You love a woman.. tell that if she’s really wanted..” Whew…

    Beli aja pak gitarna.. saya jg penikmat musik.. ketika bermain musik, ada sesuatu yg menjadikan diri kita lbh lembut, lbh nyantai, lebih peka dan sensitif, dan lebih ndak kaku…. hehehe.. *sotoy*

    Yah, pada dasarnya kan musik adalah seni yang bisa melembutkan jiwa ๐Ÿ™‚

  25. saya mencoba bermain gitar tapi baru bisa dikit2 aja. :bayingakak:

    aya electro’s last blog post..Video waktu kak ida telepon gw!

    Terus dilatih aja Aya, lama-lama juga maikn jago kok ๐Ÿ˜‰

  26. dulu punya gitar cuman dijual buat ongkos ke dufan, hahahah, tapi tetep gua gak bisa maen gitar euy :tweety3:

    chatoer’s last blog post..Panggilan Sayang

    Haha, demi dufan? :p

  27. Anak saya saat TK diberi hadiah ukulele (gitar kecil)…tapi baru saat SD kelas IV beneran mau belajar. Menurut Purwacaraka, gitar memang diajarkan pada anak sekitar umur 10 tahun…beda dengan piano yang anak-anak saya belajar sejak usia 10 tahun, walau tak diteruskan sampai kelas tertinggi.

    Jika santai, anak saya main piano, suami pegang gitar, dan ibu(dengan suara sember) dan si kecil menyanyi…..jadi main gitar tetap menyenangkan.

    edratna’s last blog post..Terjebak pada kemacetan akibat demo di Semanggi

    Wah, mengasyikan sepertinya kalau sekeluarga bisa bermain musik bersama ya? ๐Ÿ˜€

  28. Soal gitar, saya lebih suka yang versi akustik (nilon) daripada yang folk (string). lebih empuk dan tidak menyakiti jari hehehe

    galih’s last blog post..Mengirim Email Lewat Telnet

    Memang yang nilon lebih empuk, cuma saya kok merasa kurang nyaman kalau sudah memainkan atau mengiringi nyanyi pake nilon.

  29. ven

    huwaaaa lagu2 helloween??? jadi inget masa2 SMU dl…penyuka berat lagu2 dia…

    tapi enak lho klo bs nggitar paling ngga ntar klo dah punya anak bisa jd musik pengiring klo mereka pd kecanduan nyanyi2…seru lho lagu anak2 diiringi gitar heheheh

    ven’s last blog post..kala sang panglima menginjakkan kaki di tanah mesir

    What? Suka berat sama hellowen? ck ck ck …

  30. Salah satu keahlian yang banyak diidam-idamkan laki-laki pada masa sekolah adalah bisa main gitar. Tujuannya biasanya satu: cewek, hahaha.

    Ah terakhir main gitar kapan ya? Sekitar 9 taun kayaknya :tweety1: Gitaris yang saya suka: Yngwie Malmsteen dan Paul Gilbert

    indra kh’s last blog post..Minimnya Tontonan Anak Bermuatan Pendidikan

    Paul Gilbert saya suka waktu masih di Mr.Big, kalau Yngwiee hanya beberapa judul lagu saja … ๐Ÿ™‚

  31. bisa tolongin akuhhhh.. tiba-tiba aku sedihhhh.. mainkan sebuah lagu untukkuuuu.. ^dijitak^ :bayingakak:

    ratutebu’s last blog post..Kopdar dan Kopdar (lagi)

    *memainkan kuch-kuch hota hai untuk ratutebu*

  32. Kalo aku main kecapi aja.

    ubadbmarko’s last blog post..Kesuksesan adalah cerita kegagalan

    Hehe, kolaborasi yuk? ๐Ÿ™‚

  33. sy selalu memendam hasrat tuk suatu saat pandai memainkan gitar…
    tp yg terjadi malah gitarnya teronggok tak disentuh sama sekali..hikss…

    ada yg mo ajarin?? ๐Ÿ˜‰

    theloebizz’s last blog post..kReaTif PisAn..

  34. Donny, Ales kan tinggal di jalan Wiranta 56. Di rumah ‘Pak Padang’ (bapak kosku) namanya.

    Tinggal di dekat situkah? Ales kan sering sepedaan, jalan-jalan gitu. BTW, minta nomor hapenya dong?

    BTW, tentang jadi musisi, ales sendiri sering ‘tergoda’
    untuk menuruti ‘panggilan hati’ dalam bernyanyi. Tapiiiii…., ya gitu deh. Masih banyak yang kontra dengan ‘perempuan bernyanyi’; apalagi kalau ada akhawat nyanyi ya?

    ales’s last blog post..

  35. wah kang donny pasti jago banget maen gitar..

    hanggadamai’s last blog post..Tekad dan Doakuโ€ฆ

  36. Rupanya Donny seorang seniman.
    Aku baru tahu sekarang.

    M Shodiq Mustika’s last blog post..Supaya Siap Menikah

  37. Ly

    :bayipreman: duuh…. senangnya bisa main gitar, trus dimaininnya pas di pinggir pantai sambil melihat bintang jatuuhh…. ooohh…. just dreaming me …hikzzz.. :angelnangis:

    Ly’s last blog post..Pacaranโ€ฆ.???

  38. Lagu pertama saya ketika belajar gitar adalah lagunya Ikang Fauzi,” … dimalam ini kuberanikan diri menemuimu … ” :))

    itu waktu SMP tahun 1987, bejalar gitar pun bukan hanya supaya di gandrungi cewe2 sih tapi ada yg laennya
    Misalnya ngulik lagu2 iwan fals supaya bisa ngongkrong ama anak2 di Pos Ronda, trus ngapalin lagu2 metal dan hardrok supaya bisa nyambung klo entar SMA :))

    Ah … jaman itu :))

  39. wah.. mimpi banget tuh ridu bisa maen gitar… huhu..

    sampe sekarang gak bisa-bisa.. apa mungkin gada bakat yah kang??

    jadi gak romantis donk dan gak bisa dikelilingi oleh perempuan.. huhu..

    ridu’s last blog post..Blog Ridu Di HACK!!

  40. Hiks, semenjak kecelakakaan yang membuat kedua pergelangan tangan saya patah, tangan saya belum selincah dahulu untuk bermain gitar ๐Ÿ™
    baca tulisan ini jadi kangen juga untuk bisa bermain seperti dulu lagi bersama gitar bolong kesayangan.

    Riyogarta’s last blog post..Hancock vs Henkuk

  41. permisi , numpang melepas lelah
    makasih

    said’s last blog post..Oleh: Adi

  42. wah, suka progressive rock juga? jam session yuk kapan-kapan :lampu: . Klo gw ninggalin gitar karena jari-jari gw ikut bervibra saat manggung.. tapi klo sendirian ngak.. demam panggung kayakynya :malu:

    gedex’s last blog post..Porno Dikemas Dalam Iklan

  43. *siapin receh kalo mas Donny mampir* :bayingakak:

    wuahhh… hebat yah pengetahuan musiknya boleh juga… mbok maen lagi… ๐Ÿ™‚ jadi bisa jagoan lagiii…

    paling seneng dari dulu kalo liat cowok yg maen gitar huhuhuuuu…

    carra’s last blog post..Picture Manipulating Part 1

  44. Dy

    wah..lagi bernostalgia nih ceritanyaa.. ๐Ÿ™‚

    Dy’s last blog post..women`s time

  45. Saya belajar guitar sejak SMP, tetapi saat itu masih pakai 3 jurus, main di D, rendahnya di A dan tingginya di G, selebihnya enggak bisa … ๐Ÿ˜€

    Harjo’s last blog post..Memilih modem HSDPA yang cocok untuk laptop

  46. Hyah, 1 bulan-an ga ke warnet, pas ke warnet di sini cuma ada tambahan satu tulisan. Ga rame ah :p
    Eh, daku sukaaaaaa banget sama Wishful Thinking-nya John Petrucci. Kereeeen!!!

    :daah:

    putri hujan’s last blog post..Playlist Skripsi

  47. dulunya cuma tau belajar gitar tuk melengkapi diri kalo ditanya cew….sekarang dah ngga lagi, cukup punya uang dikantong…dah lengkap tuh… :bayingakak: :bayingakak:

  48. Ah iya jadi kangen mixing2 lagi nih :bayipreman:

    utchanovsky’s last blog post..The Boss of The World (You Know Who)

  49. Permisi..
    Numpang Lewattt…

    Posting nya keren banget..
    Aq suka banget…
    Hidup indah dengan gitar n musik

    Belajar gitar ada di:
    http://gitarkeren.blogspot.com

Leave a Reply

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén