Hentikan Pemakaian Lampu Putih pada Kendaraan!!

Saya termasuk salah seorang biker yang sering melakukan perjalanan malam, entah di dalam kota atau ke luar kota. Paling sering di dalam kota, tentu saja. Meskipun saya juga kadang-kadang banyak gaya, kalau kata orang sunda “loba gaya”, atau mungkin sok keren, tapi saya paling benci sama pengendara yang banyak gaya. Soalnya saya nggak suka kalau orang lain lebih keren daripada saya. Halah!! Maaf, sedang narsis.

Oke. Point-nya adalah begini … Belakangan saya merasa semakin banyak pengendara -entah mobil atau motor- yang menggunakan lampu putih di jalanan. Saya tidak tahu nama lampu tersebut, yang jelas membuat jalanan menjadi ‘terang benderang’. Saya tidak akan terlalu mempermasalahkan jika hal tersebut tidak terlalu mengganggu. Sialnya, penggunaan lampu putih tersebut sangat mengganggu bagi saya.

Anda yang menggunakan lampu putih pada kendaraannya, boleh saja tidak setuju dengan saya. Akan tetapi, begitulah kenyataannya. Lampu tersebut sangat menyilaukan bagi pengendara dari arah berlawanan, terutama pengendara motor seperti saya. Apalagi jika lampu tersebut digunakan untuk pemakaian lampu jauh, yang sialnya banyak juga digunakan oleh para pengendara. Lampu-lampu tersebut sering kali ‘telak’ mengenai mata saya dan membuat pandangan menjadi terganggu. Alhasil, sering kali saya harus menggunakan rem mendadak gara-gara orang yang menyeberang atau objek di depan saya menjadi ‘tidak terlihat’.

Jika anda sering bepergian ke pegunungan atau hutan belantara yang memang belum ada jaringan listrik, boleh lah anda gunakan lampu tersebut. Akan tetapi, ini di kota!! Lampu di mana-mana, bahkan anda masih bisa melihat objek di depan anda yang berjarak 100 meter. Jika alasan anda agar bisa melihat objek dengan jelas, lampu yang standar pun sudah cukup memberikan penerangan di jalanan. Jika alasan anda agar menarik perhatian, anda salah tempat! Jika alasan anda agar disebut keren, anda bodoh! Sebab yang menarik perhatian dan disebut keren, kendaraan anda, bukan anda! Bisa jadi, orang lain berharap bukan anda yang mengendarai kendaraan tersebut, karena anda tidak cocok dengan kendaraan tersebut.

Tentu saja, bukan tanpa alasan jika produsen kendaraan memasang lampu yang ‘standar’, karena mereka pun sudah memperkirakan dampak dari penggunaan lampu di jalanan ketika malam hari. Faktor intensitas cahaya pun sudah pasti menjadi perhitungan. Begitu juga dengan klakson, knalpot dan berbagai aksesoris lainnya. Semuanya dirancang, selain untuk keamanan dan kenyamanan pemakai, juga untuk keamanan dan kenyamanan orang lain.

Saya mendukung 100% dengan peraturan tentang kewajiban penggunaan helm standar. Saya pun salah satu ‘maniak’ helm full face. Rasanya tidak nyaman jika menggunakan helm yang half-face, apalagi yang catok, meskipun motor saya ‘cuma motor angsa’. Jika anda pernah melihat dengan mata sendiri bagaimana dua pengendara motor tabrakan, kemudian wajah mereka nyungsep ke aspal dengan kecepatan 70-80 km/jam, dan mereka masih bisa tertawa gara-gara wajah mereka ‘diselamatkan’ helm, mungkin anda akan mengikuti apa yang saya lakukan juga. Jadi, bukan hanya sekedar gaya, tapi saya juga memikirkan keselamatan diri sendiri.

Begitu pun saya sangat mendukung jika dalam hal aksesoris kendaraan, semua dibuat aturannya. Tidak boleh seseorang seenaknya pasang knalpot dengan frekuensi yang memekakan telinga. Atau pasang lampu dengan intensitas cahaya yang menyilaukan mata melebihi kemampuannya menangkap cahaya. Selain mengganggu, juga mengancam keselamatan di jalanan.

Saya tidak bermaksud melarang untuk melakukan modifikasi atau membuat tampilan kendaraan anda menjadi lebih keren. Akan tetapi, please, sebelum anda memasang aksesoris-aksesoris tersebut, pertimbangkan juga keselamatan dan kenyamanan orang lain. Setidaknya orang lain tidak tergangggu, apalagi sampai merasa ‘terancam’ keselamatan dirinya. Terlebih lagi jangan sampai anda dikutuk orang lain dengan bermacam-macam kutukan, “mampus lu!“, “setaann!“, “mudah-mudahan dia tabrakan, biar tahu rasa!“. Jika sampai terjadi orang-orang mengutuk anda, tinggal tunggu waktu saja kutukan-kutukan tersebut menjadi kenyataan. Sebab, bagaimanapun mereka tidak akan sampai mengutuk jika tidak merasa teraniaya. Dan anda tentu sering mendengar, do’a orang teraniaya itu cepat dikabulkan.

loading...

Previous

Benar-Salah

Next

Melampaui Materi

26 Comments

  1. setuju don……….
    gue juga sebagai pengguna ojek merasa terancam keselamatan gue ama ojek gue kalo ketemu lampu gituan..

    payah..kadang orang tuh gak tau imbas ke orang lain…apapun asal gaya aza…..

    obenks last blog post..Bicara tentang Obama

  2. Jika anda pernah melihat dengan mata sendiri bagaimana dua pengendara motor tabrakan, kemudian wajah mereka nyungsep ke aspal dengan kecepatan 70-80 km/jam, dan mereka masih bisa tertawa gara-gara wajah mereka ‘diselamatkan’ helm,
    =============
    pengalaman pribadi don? ;))

  3. motor saya dulu pake lampu warna putih agak kebiruan, tapi sekarang udah jadi kuning lagi warnanya 😀 udah jadul soalnya

    Harrys last blog post..Flashdisk Baru

  4. Bener lah…
    lampu kitu teh ngaganggu..jadi serab kana matana
    matak picilakaeun..

  5. wah…seandainya semua pengendara nakal itu membaca tulisan ini, mgkn mereka akan terinspirasi utk tidak aneh-aneh lg

    salam kenal

    Wijoyo Simanjuntaks last blog post..Scare to lose you

  6. he he he….. menurut teori sih, yang bagus mah lampu tuh yang warna kuning….

    penerangan cukup, dan ga menyilaukan…..

    setuju bung Dony

    hmm…
    numpang iklan dikit, he he…

    ikutan yak…. acara seru nih dari batagor

    http://batagor.net/2009/01/14/jilid-8-bebersih-mania-braga-euy/

    trims yaph….

    *segera mengganti lampu mobil nya*

    bagusrullys last blog post..Bebersih Bandung Yuk jilid 8 : Batagor goes to Braga

  7. Haduww.. ada yang narsis
    belum cukupkah saya disiksa di sekolah karena kenarsisan seorang guru Sains kelas tiga
    he he

    Tapi satuju kang, awalnya saya kira saya aja itu mah yang rabun senja, ga bisa ngeliat kalo pas nyerbang ada yang pake lampu model gitu
    taunya orang-orang juga sama ya

    vienys last blog post..Kasih Jangan?

  8. Manusia yang satu ini mah memang selalu narsis :p

    putri hujans last blog post..Biar…

  9. bener banget kan dijalan kita jg harus mempetimbangkan keselamatan orang lain selain diri kita sendiri..

    emfajars last blog post..Lagu Nidji Dibajak KORN

  10. Donny Reza

    @obenk,
    Kudu setuju atuh :p

    @dajal007,
    iya, pengalaman pribadi lihat yang tabrakan di depan mata :p

    @Harry,
    jangan pake lagi ya? 😀

    @Aby Akmal,
    kudu na mah polisi teh tong caricing wae nya? :))

    @Wijoyo,
    salam kenal juga 🙂

    @bagusrully,
    iya, sana … ganti lampunya! 😀

    @vieny,
    yah, narsisan yang guru sains itu kayaknya :))

    @putri hujan,
    biarin aja…. :p

    @emfajar,
    urusannya bisa sangat panjang kalau nyawa orang lain terancam 🙂

  11. setujuh!!!!!
    iya banget!!!

    benci banget sama orang yang pake lampu putih! apalagi klo lampunya buat rem belakang! ampun deh!
    aseli sebel banget..
    bikin sakit mata, mengganggu penglihatan. apalagi perjalanan luar kota di malam hari…

    knalpot bringas juga! apa sih enaknya?

    heraaannn…
    :menggebu2 marahnya.. 😆 :

    presty larasatis last blog post..jalan kaki

  12. Iya.. rasanya kesel juga kalo tiba2 ada lampu putih.. bikin deg2an aja..

    Dantas last blog post..Guest Blogger di Melodanta dot Com

  13. iya,,,,rasa nya agak sedikit kesal juga kalau tiba tiba ada lampu yang berwarna putih itu
    bikin mata sakit deh
    kan silau??
    apa mereka ga tau imbas nya yah buat orang laen kalau pakai lampu begitu
    apa lagi kalau buat rem belakang??
    pas di rem kita ada di belakang nya motor itu
    waduhh,,,silau

    M Shodiq Mustikas last blog post..Kunci Sukses Barcelona FC, Manchester United, dan Internazionale Milan

  14. setuju banget !!!
    just wondering… dari mana sih mereka dapet ide pake lampu putih? terang sih… tapi silaunya masih terasa walau mobil/motor itu sudah tidak ada lagi di depan mata.

  15. itu namanya lampu sorot bang… emang bikin jengkel sich. kalo lagi papasan, baru ada mobil di depan pake lampu sorot, biasanya aku balas juga. biar kapok, emangnya cuma dia yang punya lampu sorot…
    .-= arifin´s last blog ..Angkot: Sebuah Fenomena Sosiologis =-.

  16. If you wanna buy some other things which are not listed in our website:
    Aion Account
    ????
    please contact with our customer service with on-line chat or add our Email,we will stock it for you in a short time after you told us what you needed.

  17. I just love it ….. well i don’t have any doubt about your articles… your articles are awesome… Honestly you are simply the best.Thanks for sharing this with us. Please come visit my site aion gold wow gold and runescape money when you got time.

  18. sky

    apa mereka ga tau imbas nya yah buat orang laen kalau pakai lampu begitu

  19. @obenk
    @Wijoyo
    @emfajar
    setujuh!!!!!
    iya banget!!!
    .-= PPC Keyword´s last blog ..5 More Things to Consider When Buying a Home =-.

  20. Lampu putih itu jika di waktu hujan menyebabkan tidak bisa nampak jalan bagi pemakai mobil… karena terangnya lampu tidak bisa menembus air.

    Untuk lampu kuning dalam keadaan hujan… pengendara mobil atau motor tidak usah takut ga bisa liat jalan, karena lampu kuningnya bisa menembus air hujan yang deras.

  21. betul bgt, kenapa lampu kuning karena itu adalah warna yang paling terang dan tidak terlalu menyilaukan mata dibanding warna-warna terang lainnya

  22. setuju banget,,saya juga korban lampu putih yang menyilawkan,,memang jengkel sekali bila terkena sorotan lampu putih tersebut..hehehe,,tapi pengen bikin lampu putih juga,buat nembak2-in yang pake lampu putih juga,(punya 2 lampu)..

  23. I used to take disney 100 years of magic dvd lessons when I was about 15 years old.

  24. do one

    boleh aja make lampu yang putih, tapi jgn yang menyilaukan pengendara lain

    kalo boleh tau lampu apa yang seperti itu?
    saya pernah liat lampu seperti itu

  25. dhani

    kalo lampu putihnya dari sana nya kaya kia optima allnew sportage dan allnew rio

  26. itu masih belum seberapa bos dan masih ada yg lebih parah. Mungkin teman teman pernah melihat motor yang lampu rem atau lampu belakangnya warna putih. Penggunaan lampu belakang warna putih lebih berbahaya dan sangat mengganggu kendaraan dibelakangnya. Moga moga yang motornya menggunakan lampu belakang warna putih cepat sadar dan menggantinya dengan lampu standar.

Leave a Reply

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén