Pada Suatu Hari Nanti

pada suatu hari nanti
jasadku tak akan ada lagi
tapi dalam bait-bait sajak ini
kau takkan kurelakan sendiri

pada suatu hari nanti
suaraku tak terdengar lagi
tapi di antara larik-larik sajak ini
kau akan tetap kusiasati

pada suatu hari nanti
impianku pun tak dikenal lagi
namun di sela-sela huruf sajak ini
kau takkan letih-letihnya kucari

Sapardi Djoko Damono, 1991.

Saya sebetulnya kurang suka menampilkan karya orang lain di blog.  Tapi…tidak bisa tidak, puisi-puisinya si Kakek Romantis ini memang bikin iri.  Gimana sih bikin puisi secanggih karya-karyanya? Elegan sekali.  Saya ‘nyolong’ puisi di atas dari blognya om Jaf.  Biasanya, kalau soal puisi-puisi si Kakek Romantis ini, Oci suka ‘cerewet’ ngebahasnya.  *timpuk Oci pake sendal jepit* :-p

loading...

Previous

Ceritanya…

Next

Jangan (Terlalu) Terkejut

32 Comments

  1. Sapardi Djoko Damono? Yup, penyair “Dukamu Abadi” ini memang telah melahirkan karya2 puncak dalam belantara sastra Indonesia. Ia tak hanya mahir bikin sajak, tapi analisisnya terhadap masalah sastra Indonesia cukup bagus dg dukungan referensi yang memadai. Tak heran kalau Pak Sapardi cukup disegani di kalangan sastrawan. *halah sok tahu* Ndak usah meras resah jugak kalau Mas Donny menampilkan sajaknya di blog ini, hehehehe 😆

  2. bapak itu memang hebat… 🙂

  3. ngomong2 soal om jaf, saya pernah baca buku karya blogfam yang tadinya adalah cerita berantai yang berjudul The Messenger, bahasanya santai tapi kocak 😀

  4. sajak yang sangat indah.
    saya suka sajak -sajak nya sapardi joko damono..
    bagus, dan menyentuh hati.

    kapan kapan sya catat puisi ini.. bole kan? 🙂

  5. Beneran aseli, puisi yang romantis… ane juga ngiri, kagak bisa mbikin puisi. Jangan kata yang bagus, yang jelek aja kagak bisa :mrgreen:

    Salam kenal dari ane, anak baru nih bang… 🙂

  6. Saya dulu juga sering ngumpulkan puisis SDD, sampe rumah kebakaran waktu SMA, hangus semua… dan sekarang tidak mengumpulkannya lagi…
    Membaca ini.. jadi teringat lagi…

  7. wah kalo masalah puisi jangan tanya Ridu (gak bisa soalnya.. heheheh..)

  8. Iri seharusnya membikin isi
    Bukan semata karena tiada daya
    Karena puisi adalah tentang hati
    Yang menjelma menjadi kata-kata

    Biarkan jari mewartakan hati
    Mewujudkan apa yang kau rasa
    Seperti air semburat sinar menjadi pelangi
    Agar kita bisa tahu apa yang ingin dikata

    Keep going bro ..
    Kamu bisa koq bikin puisi
    Ga harus kata indah tapi malah susah dimengerti
    Cukup kata sederhana tapi padat makna

    Ditunggu puisi nya

  9. Ya pada suatu hari … syukur hari ini adalah kehidupan menujua suatu hati itu. Jadi, jangan sia-siakan hari ini menuju suatu hari itu. Jangan menjadfikan hari ini suatu hari itu. Salam.

  10. bikin puisi sendiri ajah don, trus dikirim ke perlombaan gt, sapa tau menang kayak rangga eh akhirnya ada yang suka si cinta ituh

    ku lari ke hutan kemudian menyanyiku
    sepi dan sndiri aku benci…..
    Pecahkan saja gelasnya biar ramai….
    ada malaikat menyulam jaring laba – laba di pasar… (lhoo)

    *Gara-gara Nonton film AADC kemaren hehehe

  11. @Sawali: ndak berduka kok pak, saya juga beberapa kali bikin puisi, tapi kok ya biasa-biasa aja isinya 🙂

    @tehaha: dibalik kehebatannya sebetulnya ada proses yang panjang sebelum akhirnya bisa menghasilkan karya-karya maestro semacam itu 🙂

    @annots: saya belum baca sih, om Jaf memang ‘aktivis’ blogfam kan?

    @eMina: itu kan bukan punya saya 😀 jadi, ya silahkan saja diambil 🙂

    @Cabe Rawit: haha, kalau yang jelek aja gk bisa, jangan-jangan bikin puisinya juga gk bisa? :p salam kenal juga 😉

    @’Nin: wah, sayang sekali ya? tapi sekarang kan zamannya internet, tinggal nyari aja di mbah gugel, meskipun mungkin tidak selengkap koleksinya mbak ‘Nin dulu 🙂

    @ridu: yah, habis nanya siapa lagi dong du? hihi

    @erander: sebetulnya saya juga sudah pernah bikin beberapa puisi, dan hasilnya…’kok norak begini ya?’…haha.

    @Ersis W A: yuk, kita manfaatkan waktu kita di sini 😉

    @Catoer: haha, perlombaan…? kayaknya kudu sedia kamus KBBI disamping waktu bikinnya :))

  12. sudah nampilin punya orang lain, saatnya nampilin puisi karya sendiri kan om donny?? 🙂

  13. Aduh, sakit nih ditimpuk pake sandal jepit!!
    *timpuk Donny pake KBBI* :p

    Makanya belajar dulu jadi romantis, Kek, biar dirimu bisa buat puisi se-elegan Kakek Sapardi :p Puisi ini “dalem” banget ya? Siapa dulu dong yang buat… penyair favoritku 😉

    kau takkan kurelakan sendiri

    kau akan tetap kusiasati

    kau takkan letih-letihnya kucari

    Kekuatan puisi yang satu ini menurut daku terletak dari tiap-tiap baris terakhir di tiap bait. Suatu penekanan pada suatu perjuangan panjang yang takjemu dijalani. Salut banget buat Kakek-ku! 🙂

  14. Asl..sapardi..emang sastrawan yg nyastra…

    moga tertular deh ama kita2…kepandaian dia bikin2 puisi

  15. Dela Luthu

    Puisi?

    kakek siapa?

    KBBI?

    Sandal Jepit?

    La gak ngerti… 🙁

  16. iin

    masih bbbbbingung kenapa kata ‘kau’-nya di cetak tebal.

    tentang info tes TOEFL di UPI, klik dimari http://balaibahasa.upi.edu/ Good luck

  17. uuuuh…pesannya dalem euy!ini ada bukunya ga yah?? 😉

  18. Saya kurang suka puisi, tapi baca puisi ini ternyata menyentuh juga.. 😀

  19. @harry: sebetulnya saya juga pernah bikin puisi kok, acak-acak aja arsip saya :))

    @putri hujan: *menghindar* huehehe, dirimu kuat pisan bisa lempar KBBI :p

    @olangbiaca: huehehe…sastrawan yang nyastra? yang namanya sastrawan kan emang harus nyastra atuh…:D

    @Dela: Haha, La…KBBI = Kamus Besar Bahasa Indonesia 😉

    @iin: dicetak tebal, buat penekanan aja…:D

    @theloebizz: bukunya…? *lirik Oci*

    @yorick: beberapa karya SDD emang sederhana, tapi dibalik kesederhanaannya itu ternyata menyimpan makna yang dalam 🙂

  20. mas.. bikinin puisi buat aye donk.. yang bagus.. yang menarik, yang indah, jagan panjang jangan pendek gak pakai pedas ya.. lhon kok kaya’ peasan nasi goreng aja sich…

  21. Haduuuwhhh.. bapak2 or aki2 pengarang ini tehh apa kabarna? Pingin ngajak ngupi bareng2 gituw klo bisa…

    Karena.. karena.. karena.. Ini jeritan hati saya sekaliy… huiiks……

    +_+

  22. hoyaa.. ketinggalan…:P Terutama yg bait terakhir….

  23. puisi nya bagus banget.. setuju banget ama mas donny.. ato kang donny yah tepat nya manggil nya.. atau Aa donny.. ?? mmhh.. terserah deh yang mana.. huhahahaha… 😀

    anyway, kalo urusan buat puisi, kayaknya saya pun bukan ahli nya.. kecuali kalo ada moment2 and waktu yang tepat, biasanya bisa mengalir lancar.. tapi itupun jarang buanget..
    so kesimpulannya, saya gak bisa nulis puisi.. titik.. hahaha.. 😀 😛

  24. SDD?
    Ah, ia cinta pertama saya.
    🙂

  25. Hm.. jadi ikutan nyari-nyari referensi tentang Supardi Djoko Damono

  26. beuh..puisi nya dalam banget tuh..

  27. Donny Reza

    @franya: hehe, belum sejago si kakek itu sih…:D

    @soputiful: coba ajak aja ngupi di starbuck gitu, barangkali beliau bersedia berbagi cerita 🙂

    @rickysaputra: panggil donny aja kali ya? 😀

    @gadisbintang: dan siapakah cinta terakhirnya? 🙂

    @pudakonline: Sapardi ommm, bukan Supardi :p

    @cempluk: jangan terlalu dalam, ntar gk bisa keluar…:p

  28. “kau” nya dicetak tebal? siapa ya?

    aku juga suka puisi-puisinya Supardi, di mana ya situs yang isinya kumpulan puisi beliau?

  29. @rita: “kau”-nya…? bisa siapa aja 😀 Hmm, saya lupa lagi…kudu cek daftar link dulu nih 🙂 Btw, Sapardi bu…bukan Supardi 😉

  30. Dy

    gara2 ngebaca komennya mas doni ini diblog saya ttg karyanya si kakek romantis ini langsung search ke mbah google dengan keyword “pada suatu hari nanti sapardi” ternyata dituntun ke sini.. :tweety3:
    ternyata dunia internet itu jg kecil yah… 😉

    Dy’s last blog post..Dalam do`aku

  31. :tweety4:
    Pak Sapardi ini memang hobi ‘membunuh’ orang pake kata-kata

    vieny’s last blog post..Are U addicted to your mobile?

  32. I had taken a cold case dvd a few years ago, then taught myself supernatural dvd and a few scales.

Leave a Reply

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén