Darussalam: Masjid yang Patut Dicontoh

DSCF0670

Masjid Darussalam berlokasi di Karang Tengah, Cianjur. Sekitar 1 KM dari Terminal Baru Cianjur (Rancabango) atau sekitar 2 KM dari Terminal Lama Cianjur. Terletak di tepi jalan raya Cianjur – Bandung. Berada dari sisi kiri jika dari arah Cianjur, atau sisi kanan dari arah Bandung. Masjid tersebut adalah salah satu tempat peristirahatan favorit saya jika melakukan perjalanan menuju Bogor atau Bandung.

DSCF0669
Reklame Masjid Darussalam yang bisa terlihat jelas
di pinggir jalan raya Bandung – Cianjur

Masjid tersebut merupakan salah satu masjid percontohan kelurahan setempat. Saya lupa lagi nama kelurahannya, Karang Tengah kalau tidak salah. Berada di bawah pengurusan Nahdlatul Ulama (NU) cabang kelurahan tersebut.

Apa yang patut dicontoh dari Masjid tersebut? Masjid tersebut memberikan pelayanan yang sangat baik kepada para pengunjung atau para musafir yang sekedar beristirahat di sana. Karena letaknya yang dipinggir jalan, maka sebagian besar pengunjung adalah para musafir atau mereka yang sedang melakukan perjalanan jauh. Sepengetahuan saya, Masjid tersebut tidak pernah sepi.

Tidak terlalu istimewa sebetulnya apa yang pengurus Masjid tersebut lakukan. Hanya menyediakan minuman seperti kopi, teh manis hangat atau wedang jahe. Pengunjung tidak perlu merasa sungkan untuk membuat sendiri minuman tersebut atau minta dibuatkan oleh para pengurus Masjid tersebut. Mereka akan langsung membuatkan minuman yang dipesan. Dan -inilah luar biasanya- tidak dipungut biaya sepeser pun.

DSCF0663
Pengurus Masjid yang sedang melayani membuatkan minum

 

DSCF0665
Pengunjung yang membuat minum sendiri

Memang ada kotak amal di sana. Namun tidak ada keharusan untuk memberi infaq kepada Masjid tersebut. Saya sudah beberapa kali berisitirahat di sana. Pernah memberi infaq, lebih sering tidaknya πŸ˜€ . Biaya parkir pun digratiskan. Hanya satu yang menurut saya kurang… tukang pijat :)) . Padahal, jika saja ada dan dikenakan biaya jasa pijat pun, rasanya akan banyak yang minta dipijat.

Jika memasuki waktu shalat, para pengurus Masjid tersebut akan segera menyiapkan minuman tersebut. Sehingga, ketika para pengunjung selesai melakukan shalat berjama’ah, mereka tinggal mengambil minuman yang diinginkan. Meskipun hanya minuman saja yang disediakan, akan tetapi menyenangkan sekali bisa mendapati Masjid seperti itu. Para pengunjung pun bisa beristirahat dan bersantai sepuasnya di sana. Apalagi ditambah dengan adanya pepohonan yang meneduhkan disekitarnya.

Menurut saya, seperti itulah seharusnya sebuah Masjid. Persoalannya bukan adanya sesuatu yang digratiskan di sana. Akan tetapi, sebagai sebuah usaha pelayanan kepada masyarakat dan mendekatkan masyarakat kepada Masjid. Di sisi lain, jika setiap musafir bisa selalu menemukan Masjid seperti itu dalam perjalanannya, rasanya travelling akan semakin mudah dan menyenangkan. Jika saja setiap Masjid di pinggir jalan seperti itu semua dan buka 24 jam, saya pasti akan berkeliling Indonesia :)) .

DSCF0666
Suasana santai di Masjid Darussalam

 

DSCF0673
Masjid Darussalam, agak tertutup pepohonan

Seluruh gambar bisa dilihat di SINI.
C 1 h 3 u l 4 17 6. 150608. 23.00.

loading...

Previous

Ruang Foto

Next

Guitar Player

39 Comments

  1. wahhhh

    iyah yah!!! bagus bener itu pelayanannya!!!

    tapi jangan ngelunjak dong om… masa minta tukang pijet :p

    dan kalau begini rasanya kesan ramahnya rumah ibadah rumah Allah bakal lebih kena… :bintang:

    natazya’s last blog post..PERSONA

  2. Wah mantab! Mesjid yang begini memang patut menjadi contoh bagi mesjid yang lain yang kadang (maaf) malah membuat macet jalan dengan meminta sumbangan πŸ™
    Salut! Mudah-mudahan menskid seperti ini semakin banyak di daerah lainnya. Amin.

    Riyogarta’s last blog post..Selamat Jalan Sahabat

  3. wah dulu sering lewat situ, tapi kok gak ngeh kalo ada masjid yang punya fasilitas plus.

    antokoe’s last blog post..Nge-Geng Yuk!

  4. seyogyanya mesjid seperti itu,
    tidak hanya meminta sumbangan.
    pokoke’ mantap-lah.

  5. di belah mana don? mun ke bogor jarang lewat puncak sekarang, via tol cipularang wae euy

    chatoer’s last blog post..Tips Jitu Hidup Sehat Segar Bugar

  6. Pengurusnya dapet budget dari mana ya?

    dela luthu’s last blog post..Door Prize

  7. sejuknyaa masjid ini. kayanya dingin gitu sholat disana πŸ™‚ memang pas untuk melepas lelah bagi para musafir. lagian pengurus masjidnya meuni bararageur nya’.. πŸ™‚
    nuhun liputannya, don. :daah:

    yu2n’s last blog post..Harus mengakui kejeniusan tim orange Belanda

  8. :bayikedip:
    wahhh… seru ya?

    wajib dicontoh tuhh

    ehemm, kang Doni
    ngomong-ngomong
    saya mau minta maaf inih
    kemaren cuma herey
    disini mah emang orang-orangnya suka herey
    kalo tidak berkenan dihati maaf yaaa

    maaf karena sudah menggunakan namanya untuk sesuatu

    sekali lagi, maaf

    vieny’s last blog post..Ketika guru ikut ujian

  9. Seorang teman pernah ngobrol2 sama pengurus mesjid disitu.
    Yang lumayan mengejutkan, modal untuk makanan dan minuman gratis, bisa “menghasikan” infak paling sedikit 10 kali lipat dari “modal” per hari πŸ™‚

  10. tuh kata mas Yudha yang diatas juga infaknya paling sedikit 10 kali lipat modal per hari..
    berarti..
    kang donny aja yang ga infak hehe… :bayingakak:

    saya juga mau minta maaf, ikutan vieny ah..

    nengthree’s last blog post..JATUH CINTA, salahkah jika saya manusiawi?

  11. Wah…
    Koq saya gak pernah ngeliat masjid yg macem gini ya di Jogja πŸ™
    Klo saya paling sering: Pacitan-Wonogiri-Wonosari-Jogja PP ama Madiun-Ngawi-Solo-Klaten-Jogja PP. Blas gak ada. Ato saya yg kuper aja yach… :tweety3:

    Hyorinmaru’s last blog post..Your Personality Type: The Analytical Thinker

  12. ven

    subhanallah….nyaman bgt ya pastinya

    btw ada yg pengen aku tanyain ‘toilet di masjid bersih gag don’ eheheh kayaknya siy pastinya bersih yaa

    miris aku dg masjid2 di mesir yg katanya 1000 menara itu berarti kan paling ngga ada 1000 masjid jg yaa

    tp hiks masjid d sini banyak yg gag terawat dg baik, terutama toiletnya itu lho bikin gag mau balik lg.

  13. waduuwhhh.. jd pengen ke sono.. buat liat mesjidnya.. bukan buat ke bandung atau cianjurnya… hueheuhuehue..

    *apa buka stand pijat badan dan pijat refleksi, atau jualan kue2 gt yak*
    jahhh… jd bisnis bgt…:P

    so putiful’s last blog post..Hiduuup ‘tidak seriuss’..!!! ^_^ hehehe

  14. wah jarang2 ada masjid yang seperti itu, patut dicontoh oleh para pengelola masjid di tempat lain

  15. kalo soal bagi minuman dan makanan gratis…. keknya hampir semua masjid di bandung kayak gitu deh

    tapi cuma bulan ramadhan saja, bagi2 kolak atau minuman laen he he

    adit’s last blog post..Test Kecepatan Internet Wastama

  16. Hmm… Bisa buwat nginep gak yah?? Disini kalo ada masjid elit yg full AC suka ndak boleh nginep sih… πŸ˜›

    adit-nya niez’s last blog post..Benar-Benar Mabok…

  17. saya mau keliling indonesia ahh liburan ini.. hhu.. amiin..

    azkaa,,’s last blog post..bah.

  18. Donny Reza

    @natazya:
    Tukang pijetnya kan gak gratisan, bayar juga kayaknya nggak akan pada keberatan tuh πŸ˜€

    @Riyogarta:
    Betul om, saya juga sebetulnya merasa nggak enak hati melihat peminta sumbangan untuk masjid.

    @antokoe:
    Deket kok dari terminal Cianjur, agak dipelankan saja kendaraannya πŸ™‚

    @wadiyo:
    Yup, betul. Berharap semakin banyak Masjid yang seperti ini πŸ™‚

    @chatoerz:
    Lain kali ke bogor naek motor geura. πŸ˜€

    @dela:
    Sebetulnya sih kalo budget mah kan ada juga dari infaq. Justru semakin mereka ‘memberi’ semakin mereka nggak akan rugi. Itu prinsipnya sih.

    @yu2n:
    Yup. Nanti juga mau meliput masjid yang lain lagi ah πŸ˜€

    @vieny:
    Tenang ajah, saya mah gak akan masukin ke hati kok πŸ˜‰

    @Yudha:
    Wah, 10 kali yah? fakta yang menarik πŸ™‚

    @nengthree:
    Minta maaf untuk apa? :p

    @Hyorinmaru:
    Wah, saya sih nggak tau kalau daerah situ :tweety3:

    @ven:
    Toiletnya, Alhamdulillah … termasuk bersih πŸ™‚

    @so putiful:
    Mau bisnis? hubungi aja DKM nya :))

    @Harry:
    Yup, memang perlu dicontoh πŸ˜‰

    @adit:
    Yang ini kan setiap hari πŸ˜€

    @adit-nya niez:
    Jangankan yang ber-AC. Yang nggak ber-AC pun suka nggak boleh tidur2an. Menyedihkan.

    @azkaa,,:
    Boleh ikutan nggak? πŸ˜€

  19. iin

    seharusnya donny perlihatkan juga kamar kecil/tempat wudlu. kan lebih kebayang top-nya nih mesjid

    iin’s last blog post..Je suis jalouse

  20. Wah, subhanallah..keren dan sip pelayanannya.. emang patut dicontoh. Tapi klo ntar ada fasilitas pijat kok kesannya kayaknya jadi ndak enak ya? hehehe..

  21. jadi ingin nyoba ke sana…
    masjid dibandung kira-kira yang mana yang kayak gitu ya?
    masjid sih ga perlu megah2 banget luarnya aja tapi ga pernah ada penghuninya.
    mestinya megah, dan kita memakmurkannya juga ^^

  22. :tweety3: wah perlu ditiru nih, memang daerah yang ingin banyak dikunjungi harus begini mulai dari masjid gereja hingga rumah tangga… bukankah keramahan milik siapa saja?

    Kurt’s last blog post..Polarisasi β€œKyai Kampung” dan β€œKyai Kampus”

  23. :tweety4: sapapun akan kaget lalu berdecak kagum ketika mengetahui ada masjid dg fasilitas plus sperti itu.. thx bro infonya..

  24. Seandainya… pemikiran mas Kurt dijadikan landasan utama bagi para Agamawan di Indonesia.
    Duhhh… kayaknya hilang juga lama-lama, friksi antar golongan x lebih lebih hebat dari golongan y. πŸ˜€
    Sekilas dari dari teks papan reklame nyah… memang sudah mengarah kesanah, bukan begitu mas Donny ?!

    haniifa’s last blog post..Mekah sebagai pusat bumi 4

  25. @mas Donny
    Maaf… agak tidak nyambung neeh πŸ˜€
    Seandainya saya seorang Web Master, sepertinya agak menyayangkan kebiasan mas dalam pengelolaan gambar-gambar org.
    (Saya fahami fasilitasnya, agar rekan-rekan dapat mendownload gambar org)
    Duhh… saya agak miskin bw, jadi kadang-kadang lemot juga, padahal saya termasuk pengagum setia mas lho… πŸ˜‰
    Salam hangat, Haniifa.

    haniifa’s last blog post..Mekah sebagai pusat bumi 4

  26. Donny Reza

    @Haniifa,
    Iya, ya … dalam beberapa kali ini agak kebanyakan ngasih gambar πŸ˜€ terima kasih sarannya πŸ˜‰ bukan tidak menyadari soal itu, cuma kadang-kadang ingin saja memberi ilustrasi tambahan πŸ™‚ terima kasih sarannya πŸ˜‰ Duh, postingan setelah ini juga banyak gambarnya πŸ˜€

  27. Yah memang patut di contoh oleh pengurus masjid se-Indonesia atau seluruh dunia πŸ˜€ biar orang2 pada rajin k masjid :lampu:

    F@tM@’s last blog post..Butterfly and Flower

  28. Assalammu’alaikum
    Subhanallah
    Memang fungsi mesjid yang paling utama selain tempat beribadah adalah untuk pelayanan umat.
    Saat ini seringkali umat Islam berlebihan dalam mebangun mesjid, namun justru melupakan fungsi-fungsi pelayanan.
    Seorang rekan pernah berasumsi, daripada menghamburkan uang untuk membangun mesjid berkubah emas, alangkah lebih baiknya dana berlebih tersebut diinvestasikan sebagai harta abadi mesjid, yang bisa memperoleh bagi hasil untuk kegiatan dan operasional mesjid untuk memaksimalkan pelayanan umat.

    Oya..terkait dengan tukang pijat, saya setuju sekali lho mas donny
    Saya pernah suatu ketika sholat Jumat di Mesjid daerah cakung. Setelah selesai sholat pada pintu keluar terlihat beberapa orang memberi kode tangan sambil berkata “pijat pak?” pada jama’ah.
    Dan sambutannya ternyata luar biasa, banyak jama’ah yang mungkin di sela-sela kelelahannya bekerja atau perjalanan mengantre untuk dipijat.
    Tentu saja ini merupakan potensi penyerapan tenaga kerja yang bisa dihasilkan oleh sebuah mesjid. Terutama mesjid yang menjadi pusat persinggahan di kota maupun luar kota.

    aricloud’s last blog post..7 (Tujuh) Kesalahan Fatal Pengendara Motor (7 Biker’s Deadly Bins)

  29. obenk

    ada mesjid yang ada tukang pijitnya don..gue lupa mesjid apa yang gue sempet istirahat waktu perjalanan bogor cibiuk-garut..waktu mau nikahin sepupu…beberapa keluarga gue yang laki2 after sholat subuh ditawarin layanan pijit.gak seluruh badan..pilihan aja sih..jadi cuma yang pegal2 selama di jalan aja..

    dan itu profesional..:)

  30. Subhanallah, baru tau ada mesjid yang kayak gitu, hebat euy

    Loker mans last blog post..Lowongan kerja terbaru

  31. Mantaf Euy………
    .-= lowongan kerja 2009´s last blog ..LOWONGAN KERJA DI MEDCO ENERGY =-.

  32. wah mantap artikelnya bos

  33. tenkyu boss. Emang perlu ada tuh yang namanya penilaian tentang masjid. supaya tiap 2 pengurus masjid bisa saling berlomba2 untuk kebaikan
    .-= lowongan kerja desember 2009´s last blog ..LOWONGAN STAF ADMINISTRASI TERBARU DI INDONRG =-.

  34. Ternyata terkenal juga ya masjid ini.
    Saya kebetulan orang Cianjur, rumah tidak begitu dekat dengan masjid ini. Memang masjid ini terkenal dengan keramahannya.

    Kalau mau coba ke Masjid Agung Cianjur di bulan Ramadhan. Di sana, tiap shalat tarawih 1 juz dan yang nginap disediakan makanan prasmanan buat sahur.
    .-= Jeprie´s last blog ..5 Faktor Yang Membuat Sebuah Tutorial Berkualitas =-.

  35. ditunggu ya semuanya kalo sempet singgah beribadah di mesjid darussalam…

  36. sarah hajar mahmudah

    alhamdulillah,, ,, terima kasih atas respon baiknya,, ditunggu kedatangannya lagi untuk beribadah di mesjid darussalam,,,

  37. abel

    ea..emg bnr mesjid darusalam,sngt terknal dngan keramahan nya…saya sering solat d situ,walaw pun sy bukan orang asli situ,kebetulan sy mendapat kan jodoh pas kebetulan rumah nya di belakang mesjid…

  38. Jack dhani

    Waaahhhh…..Ni Masjid Bagus Buat Untuk Percontohan masjid D WILAYAH JABAR!!
    Semoga Pengurus masjid ini Mendapat Hidayah …..

    Amiiiiiinnn….

  39. kusnandar

    ad rujak kelapa gratis ga….

Leave a Reply

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén