Ya, Saya Sudah Menikah

Alhamdulillah, atas izin-Nya, saya ditakdirkan memiliki seorang istri.  Aqad nikah dilakukan pada hari Ahad, tanggal 5 April 2009 yang lalu, di rumah orang tua istri saya, Hegarmanah, Bandung.  Pernikahan yang sangat sederhana, tanpa pemberitahuan kepada publik, tanpa undangan, hanya dihadiri keluarga besar saja.  Total acara sudah selesai dalam waktu yang cukup singkat, 1 jam.  Jika saja sahabat-sahabat saya tidak menodong  dengan pertanyaan soal pernikahan seminggu sebelumnya, hampir saja pernikahan saya nyaris tidak diketahui oleh siapa pun di luar pihak keluarga.

Bukan hal yang kami inginkan untuk merahasiakan rencana pernikahan kami. Inginnya kami juga mengundang sahabat, kolega dan seluruh relasi kami untuk menghadiri acara aqad tersebut.  Bahkan, kami ingin seluruh semesta mengetahui pernikahan kami.  Sebab, kami tahu bahwa pernikahan adalah hal yang sangat sakral dalam kehidupan kami.  Akan tetapi, kami pun memiliki alasan sehingga rencana acara aqad nikah kami ‘rahasiakan’.

donnyrosi5

Permasalahan utama sebetulnya adanya benturan paradigma antara kami dan orang tua kami.  Hal yang lumrah terjadi sebetulnya.  Kami yang masih muda-muda ini tidak terlalu ketat, bahkan tidak terlalu peduli dengan adat istiadat, harus menghadapi orang tua yang cukup ketat dalam hal ini.  Bagi saya, kalau bisa, tidak perlu lah acara adat yang lebih cenderung mengarah kepada hal-hal yang sifatnya syirik itu dilakukan.  Cukup penuhi rukun-rukun nikahnya saja, sesuai tuntunan Islam.  Belum lagi ketika membicarakan soal waktu.

Setidaknya selama 5 bulan, saya dan istri saling mengomunikasikan tentang rencana pernikahan kami.  Untunglah, istri saya waktu itu berada di pihak saya, jadi cenderung lebih mudah bagi saya untuk meyakinkan pihak keluarga istri.  Dalam hal ini, istri saya jadi semacam jembatan komunikasi antara saya dan pihak keluarganya.  Beban yang berat bagi istri saya pastinya untuk bisa mengomunikasikan pikiran-pikiran kami, akan tetapi karena kesabarannya juga, kami bisa menikah sesuai dengan apa yang kami harapkan.

Dalam hal ini, saya memang sangat ngotot untuk bisa menikah sesegera mungkin, sesuai dengan titah Rasulullah SAW.  Bukan sekedar buru-buru, tapi hal tersebut sebagai usaha kami untuk menjaga diri kami dari berbagai macam fitnah yang mungkin muncul.  Juga agar hubungan kami segera diridhai oleh Allah SWT, ini yang paling penting.  Sementara orang tua kami meminta agar kami ‘santai’ saja, jangan terlalu cepat-cepat.  Apalagi kakak istri saya baru saja menikah bulan Desember yang lalu.  Hal ini semakin membuat alasan keluarga kami untuk menunda pernikahan kami semakin kuat.

Kami memang tidak berpacaran saat itu.  Sejak awal berkomitmen satu sama lain, tujuan kami adalah menikah.  Bahkan 1 minggu setelah kami berkomitmen, tujuan saya mendatangi rumahnya adalah untuk meminta izin orang tuanya agar saya bisa menikahi putri mereka.  Jarang sekali bertemu, kemana pun kami pergi sendiri-sendiri.  Komunikasi terbanyak kami hanya melalui SMS, itu pun paling banyak mengomunikasikan rencana pernikahan kami.  Bahwa kemudian muncul rasa rindu, saya kira itu adalah hal yang wajar saja terjadi.  Hal ini pula yang semakin menguatkan pihak keluarga kami untuk tidak terlalu terburu-buru melangsungkan pernikahan.

Pihak keluarga inginnya kami menikah bulan Juni karena kondisi finansial juga menjadi kendala, sementara kami berdua ingin lebih cepat, April bagi kami sudah terlalu lama.  Saya berfikir cukup keras bagaimana sebaiknya agar kami bisa menikah paling lambat di bulan April.  Akhirnya, saya menawarkan sebuah solusi yang menurut saya ‘sama-sama enak’.  Saya mengusulkan untuk memisahkan aqad nikah dan resepsi.  Aqad nikah dilakukan di bulan April, sebagaimana keinginan kami berdua, sementara Resepsi dilakukan di bulan Juni, sesuai keinginan orang tua.  Tanpa diduga, Alhamdulillah, usul saya tersebut diterima oleh keluarga istri saya.  Dengan catatan, ketika aqad nikah hanya keluarga besar saja dulu yang diundang, sementara yang lain akan diundang pada saat resepsi.

Setelah disetujui, proses selanjutnya menjadi sangat mudah dan berjalan sangat lancar.  Alhamdulillah.  Bagi saya, dengan disetujuinya hal tersebut menjadikan hati saya lebih tenang dan santai.  Hal tersebut sempat membuat istri saya salah paham, karena menganggap saya terlalu cuek dengan rencana pernikahan kami.  Padahal yang terjadi sebetulnya adalah, “apalagi yang harus saya pusingkan? tinggal tunggu waktu saja agar segalanya menjadi halal, Insya Allah”.  Ya, begitulah.  Saya menjalani hari-hari pra-nikah justru dengan perasaan yang sangat damai dan tidak terlalu memusingkan apa yang harus saya persiapkan di hari pernikahan.

Lamaran berjalan dengan baik, begitu juga persiapan aqad nikah tidak terlalu merepotkan karena praktis kami tidak terlalu dipusingkan dengan banyaknya undangan dan mempersiapkan jamuan untuk undangan.  Bahkan beberapa hari sebelum aqad nikah, saya masih bisa melakukan hal-hal yang tidak penting seperti facebook-an semalam suntuk, olahraga pagi atau futsal.  Saya membeli peci khusus untuk aqad nikah pada hari Sabtu sore, dan menyadari kalau tidak punya kaus kaki yang bagus beberapa jam sebelum acara aqad nikah, sehingga memaksa saya menggunakan kaus kaki butut untuk acara aqad nikah.  Akan tetapi, bagi saya saat itu segalanya sangat terkendali dan lancar.  Istri saya juga masih bisa mengajar seperti biasa sehari sebelumnya.

Acara Aqad nikah sendiri berjalan sangat khidmat dan cukup singkat, bagi saya sangat mengharukan.  Hanya dalam 1 jam seluruh kegiatan sudah selesai.  Akan tetapi, kami memiliki harapan agar pernikahan kami bisa dijadikan contoh oleh keluarga kami yang lainnya, bahwa sebuah pernikahan bisa dilakukan dengan cukup mudah.  Acara adat yang biasanya ada di pernikahan kakak-kakak istri saya sebelumnya, dihilangkan sama sekali.  Hanya lantunan ayat Al-Qur’an dan beberapa lagu sunda dari kaset yang meramaikan pernikahan kami.  Anehnya, saya memang pernah menginginkan acara pernikahan yang sederhana seperti itu.

Selanjutnya, saat ini kami berdua sedang menyusun rencana untuk melaksanakan acara resepsi, sesuai dengan janji kami kepada orang tua.  Insya Allah, acara resepsi akan dilaksanakan pada hari Ahad, tanggal 7 Juni 2009, bertempat di Masjid Salman, Bandung.  Kali ini kami akan mengundang saudara, kerabat, kolega dan relasi kami, sebanyak yang kami mampu 🙂 Lagi-lagi, saya pernah memimpikan acara resepsi di Salman.  Mudah-mudahan tidak ada halangan yang merintang.  Mudahkanlah, Ya Allah, Ya Rabb.

loading...

Previous

Sekelumit ‘Penafsiran’ Sejarah Pangeran Diponegoro

Next

Puisi Tak Sempurna

43 Comments

  1. met lamet kk. woghhhh ituh nyoyah kok ngeblognya dari april 2009 dan berhenti 2008?

    bayuhebats last blog post..Bukit Bintang : Area hunting photo dan pacaran

  2. amiiinn… selamet ya Kang..

    lalas last blog post..Alat Musik dari Batagor

  3. wilujeng, ngiring bingah.
    sesuia pengalaman ya, nggak ada pernikahan terindah selain seperti persis apa yang kita pengen, ikut seneng kang donny bisa meyakinkan orang tua. nggak ada yang lebih berhak menentukan pernikahan selain kita sendiri (kata halus dari membangkang orang tua, haha).

    salam ah buat istrinya, kapan diajak ikut kopdar?

    Shasyas last blog post..Sing Along With Me

  4. selamat mengarungi hidup baru
    semoga di karuniai keluarga yang bahagia

  5. uti

    kata siapa istrimu masi ngajar sehari sebelumnya, hehehe.. =9

    utis last blog post..Ternyata kata Ida lain lagi..

  6. shelly

    Ough, ini toh blog nya donnyreza…

    hahaha, baru namu sekarag

    selamat ahhhh selamaaaaaaaaaaattttt

  7. Selamet nya Kang Donny & istri. Ngiring bingah aah… semoga pernikahannya mendapat barokah dari Allah SWT. Jadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah… amien 🙂
    Tong hilap aah, ngundang keluarga batagor di resepsinya yah 🙂

    Opies last blog post..CHARITY EVENT : Bermusik bersama di SLB A/B/C Banjaran yuuuk !

  8. Bayu,
    itu karena migrasi dari wordpress.com :))

    Lala,
    ho oh, nuhun …

    Shasya,
    next kopdar, insya allah … soalnya ngajar nya nyampe malam wae euy

    Kellymareta,
    terima kasih untuk do’anya … 😀

    Uti,
    iya, salah saya … 2 hari sebelumnya :p

    Shelly,
    eulueh … kamana wae atuh? 😀

    Opie,
    Iya, Insya allah akan menyusul undangannya 😉

    Wew, kok cewek semua yang komen … *cuekin bayu*

  9. alhamdulillah.. selamet ya kang dony.. semoga menjadi keluarga samara

    ridus last blog post..One Day Before Valentine 2009

  10. Masih perlu gw ucapin selamet lagi…? hehehe

    thez al fajrs last blog post..Bogor Macet Bangeeet….

  11. ow… dirahasiakan toh…
    untung ga jadi dateng… pasti makanannya dikit waktu itu…

    tanggal 7 juni ya… smoga ga bentrok sama nikahan sodara gw yg laen

    *kenapa sih pada barengan mulu acara nikahan tuh

  12. aamiin
    selamatnya kang…

    nengthrees last blog post..Complicated banget sih kamu..

  13. Amin… kita sama-sama berjuang ya, Kang! 🙂

    putri hujans last blog post..Biar…

  14. wah wah wah…

    ga bilang-bilang…

    ga kukasih hadiah deh :p huhue..

    met lamet ya kang 🙂 semoga pernikahannya diberkahi Allah SWT

    wisnus last blog post..Setelah Pemilu Legislatif 2009

  15. Asw Wr Wb

    Barakahlah ya… makan2nya kapan nih? 😀

    Li Amhars last blog post..Refreshing…

  16. eh salah ketik, afwan jiddan… maksud li “Barakallah…” 😀

    shourai no oshiawase o kokoro kara inori itashimasu… ^_^

    Li Amhars last blog post..Refreshing…

  17. Alhamdulillah…
    Selamat! Selamat! 🙂
    Semoga bahagia selalu, langgeng selalu, dianugerahi putra-putri yang pintar2 dan soleh/solehah, layaknya ortunya donk.. wehehe.. *amiiiinn..*

    salam buat nyonya.donnyreza yaa.. 🙂

  18. dela

    selamat ya a’…

    ikut senang…

    Ahirnya… 🙂

  19. ven

    Barokallah ya don atas pernikahannya…moga selalu di kumpulkan dalam kebaikan…slalu dlm cinta…cinta karna Allah …

    salam buat sang nyonyah 🙂

    vens last blog post..Summer time???ooohhh tidaaakkk

  20. ucupchenko

    Selamat bos …
    Akhirnya tiba juga saat yang dinanti
    Insya Allah keluarga besar Soccer Warrior datang ke kota kembang untuk mghadiri resepsimu hehehe…
    Langsung ya bikin bodonk junior wakakak….

  21. Ly

    Barakallah yah don….
    moga jd keluarga SAMARA (Sakina, Mawadah, Warohmah)
    dan cepet² mendapatkan keturunan yang sholeh n’ sholeha, amiiin…

    Lys last blog post..Glukoma

  22. Alhamdulillah…
    Barakallah….
    Jangan lupa do’anya yach.
    Yaa Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

    Wassalam, Haniifa.

    haniifas last blog post..Nun

  23. salam kenal ya…met mengarungi hidup baru. Barakallahulaka….moga jadi keluarga yg sakinah, mawadah dan penuh rahmah.

    keep blogging and smiling 🙂

    Pahlawan Bertopeng212s last blog post..Video : US Soldiers Tortured Prisoners in Abu Ghraib, Iraq

  24. alhamdulillah telah menggenapkan separo diennya
    semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah ya kang dan semoga resepsinya lancar
    salam kenal

    dafhys last blog post..Home and Garden Need Assesment

  25. nikah enak dong selamat ya….

    putras last blog post..Nokia smart cellular phone

  26. Assalamu’alaikum
    Congrats ya… 🙂
    meski saya tidak tahu Anda, tp rasanya senang ketika melihat orang yg sudah married. Ehm…jd pengen juga 🙂
    Good luck with your new family, semoga jadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah. Ameen.
    aku diundang nggak nich? hehehe,
    wassalam

    renitas last blog post..A border line case

  27. Alhamdulillah. Ngiring bingah.

    Satu hal yang menjadi tantangan berat dalam pernikahan memang “membersihkan” ibadah nikah tersebut dari sesuatu yang mengarah kepada syirik.

    Salut tos tiasa memperjuangkeun. Tos ngaraoskeun sesahna.

  28. ALhamdulillah, kayaknya kemarin udah ngucapi selamat di milis deh :p

    Harrys last blog post..Ayiknya ORM di Kohana

  29. selamt kang …
    berarti bentar lagi dunks 🙂

    afwan auliyars last blog post..9 bulanan neh …

  30. Saya sangat setuju dengan apa yg mas lakukan… saya pun jika menikah kelak insyaallah akan seperti itu

    Paluhlimbuys last blog post..Manusia Terakhir !

  31. selamat ya mas… semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warrohmah 😀

    Rulezs last blog post..Golf First

  32. Selamat mas Donny. Semoga bahagia yah

    lowongan kerjas last blog post..LOWONGAN KERJA ASISTEN TERBARU 2009

  33. Semua mendoakanmu
    bahkan pepohonan, angin, dan hujan
    iblis pun yang biasa menemanimu
    pergi menjauh meninggalkanmu
    tak ada halaqah sehebat halaqahmu
    ketika itu, saat itu, detik itu
    dan tak ada yang hebat sehebat tangisan
    dari kedua orangtua ketika melepas anaknya
    dari seorang anak ketika memohon izin pada orangtua
    dan jalanilah semua hidupmu
    karena bertambah 1 lagi musuhmu
    dia adalah pendamping hidupmu

    Ghurabas last blog post..Jampe Jampe Harupat

  34. wah selamat ya ..
    semoga mas dan keluarga mas menjadi keluarga yang bahagia di dunia dan akhirat .. doakan aku juga ya mas ..maksih

  35. alhamd sampean sudah menikah, semoga langgeng dan yang belum menikah segera kecipratan. amien

  36. wah, sudah lama tidak berkunjung ke sini ternyata dapat kabar bahagia.
    barakallahulakum.
    .-= Aprina´s last blog ..Oleh-Oleh dari Bookfair Senayan =-.

  37. barakallahu laka wa alaika, wa jama’a bainakuma fi khoirin. amin.
    .-= arifin´s last blog ..Flickr: Kecepatan Maksimal Sholat =-.

  38. richa chlarramita

    wahh kak Donny Reza sudah menikah tho..
    Selamat ya kak..

    waduh, saya ketinggalan momen penting..

  39. akhirnya menikah juga, selamat ya…
    Stop Dreaming Start Action

  40. wilujeng… wilujeng… semoga menjadi keluarga yang berbahagia, selalu berkasih sayang di jalanNya.
    maaf baru ingat dan sempat mengucapkan.

    jadi ingat jaman baheula, saya juga menikah ‘buru-buru’. tapi orangtua bersikeras tak ada perbedaan hari akad dan resepsi. takut banyak orang yang berprasangka buruk, mengapa kami menikah akad duluan, masih belum kelar kuliah dan buru-buru pula… :mrgreen:
    .-= Ratna´s last blog ..Cuma Menulis… =-.

  41. wah, sudah lama tidak berkunjung ke sini ternyata dapat kabar bahagia.

  42. Selamat!
    Anda berdua sedang mencari bagus seperti yang dibuat untuk setiap orang lain. Saya berharap Anda akan mendapatkan yang terbaik dengan satu sama lain saat lamanya. Semoga beruntung!

  43. Mantapp artikelnya gan sangat membantu…
    Terus berkarya ya dan sukses…
    Kalo ada waktu jangan lupa berkunjung ya…

    Klinik Kecantikan Terpercaya
    Merawat Kecantikan

Leave a Reply

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén