Dicolek Malaikat Maut

Gila.  Saya baru 2 bulan mengendarai motor di jalanan, tapi sudah berkali-kali ‘dicolek’ sama kematian.  Untungnya, malaikat maut baru ‘nyolek’, belum sampai benar-benar mencabut nyawa.  Jalanan memang mengerikan, kematian mengintai di mana-mana jika saja tidak berhati-hati dan kondisi kendaraan kita tidak baik.

Nyaris ditabrak angkot yang belok tanpa lampu sein.  Nyaris menabrak motor yang berjalan zig-zag.  Nyaris ditabrak truk gara-gara saya mengira truk tersebut akan lurus karena tanpa sein, tapi ternyata belok ke kiri.  Dan hampir-hampir ‘bergesekan’ dengan sesama motor yang ketika akan saya susul, motor tersebut malah berbelok ke kanan dan, lagi-lagi, tanpa sein.  Duh!!  Betapa pentingnya lampu sein bukan?!

Dan kalau saja saya jahat, ingin sekali rasanya menendang pengendara motor yang berkendaraan sambil menelpon.  Bikin kagok karena dengan tidak sadar mengendarai motor secara zig-zag.

Berdasarkan’pengamatan’ langsung, secara garis besar pembuat kekacauan di jalanan adalah; pertama, angkutan umum.  Segala jenis angkutan umum.  Kedua, motor, yang berarti saya juga termasuk di dalamnya.  Perilaku sopir angkutan umum di Indonesia memang sangat mengesalkan.  Ngetem seenaknya, berhenti mendadak.  Kalau perlu ketika melihat calon penumpang, berhenti saat itu juga.  Dan saya selalu waspada tiap kali di depan saya adalah angkutan umum.

Pengendara motor, kadang lebih gila lagi.  Karena ukurannya yang kecil dan bisa masuk ke celah-celah kemacetan, seringkali jadi bikin jalanan tambah ruwet.  Dan banyak sekali saya temukan, di tengah kemacetan semacam itu, dijadikan ajang pamer kebolehan karena bisa kebut-kebutan di tengah kemacetan.  Belum lagi jika motor tersebut menggunakan knalpot yang membuat cekak telinga.  Lengkap sudah kekacauan tersebut.

Rupanya banyak saya temukan pengendara yang tidak mau standar-standar saja.  Artinya, pengendara tersebut ingin kelihatan berbeda dengan yang lain.  Maka, knalpot dibuat berisik, lampu dibuat terang sekali, kalau perlu lampu kabut dipasang, sampai-sampai menyilaukan pengendara dari arah berlawanan.  Masa bodoh dengan keamanan dan keselamatan diri dan orang lain.  Saya bingung, eksistensi diri semacam apa yang ingin dicari di jalanan? Kawan saya mengatakan orang-orang tersebut egois, dan saya sepakat.

Saya merasa lebih nyaman justru ketika melakukan perjalanan ke luar kota karena kendaraan cenderung tidak lebih padat dibandingkan di dalam kota.  Di Bandung, saya paling grogi ketika memasuki daerah Cimahi sampai Padalarang.  Juga di jalan Soekarno-Hatta.  Stress sekali rasanya karena banyaknya motor di jalan-jalan tersebut.

Barangkali memang benar kata ayah saya, setiap orang bisa ngebut, tapi tidak setiap orang bisa membawa kendaraannya pelan-pelan.  Sebab membawa kendaraan pelan-pelan lebih banyak menuntut kesabaran.  Itulah sebabnya di kursus-kursus mengemudi, orang diajari pelan-pelan dulu, tidak langsung ngebut.  Kalau ngebut, orang tidak perlu diajari, cuma perlu keberanian untuk mengambil resiko saja.  Sementara, tidak banyak orang yang mau memberi kesempatan kendaraan lain berbelok atau orang lain menyeberang.

Berikut, daftar pelanggaran yang sering saya temukan di jalanan:

  • Belok tanpa sein
  • Melanggar Lampu Merah, saya belum pernah menemukan pelanggaran terhadap lampu hijau soalnya :p
  • Menyusul dari kanan ketika akan berbelok ke kiri, ini akan mengagetkan pengendara yang disusul
  • Melawan arah untuk mengambil jalan pintas
  • Menelpon saat mengendarai motor
  • Dll, anda sebutkan saja 😀

CTM61.240708.12.00.

loading...

Previous

Blank #1

Next

Rakyat dan Tuhan

29 Comments

  1. wah, sudah tidak terhitung deh pelanggarannya. jadi mesti hati2 aja..

  2. Nulis dan baca SMS sambil jalan 🙂

  3. 1. motor naik trotoar kali…
    2. ngelamun sambil mengendarai motor (kalo ngelamunin saya sih ga apa2 :bayingakak: )
    3.mengendarai sambil ngantuk-ngantuk gitu..

    hah… itu teh jenis pelanggaran gitu ya?
    salah ya kayanya… 🙂

    nengthree’s last blog post..Anak-anak Ajaib Punya Saya..duh..

  4. Mengendarai motor sambil ngupil :gaya:

    dela_luthu’s last blog post..Door Prize

  5. naek motor sambil bengong,,,,pernah tuh gw liat, dia nyemplung ke comberan deh :bayingakak:

    Supermance’s last blog post..Bagaimana Orang Kaya Semakin Kaya ?

  6. iin

    sambil nyetir dan curhat. emosional banged gimanaaaa gtu curhatnya trus ga fokus. dicolek2 malaikat deh tuh…

    iin’s last blog post..Badminton

  7. bukann cuma gag ngasih sein don…emang lampu seinnya sengaja gag dipasang….heran deh maksudnya apa siy..buat gagah2an gitu…bukannya malah nampak bgt kampungan yak

  8. Ada juga yang ga pake spion. Jadi kalo mo belok dia nengok dulu ke belakang, ga nyadar di depannya ada mobil sedot wc, nabrak deh … :bayingakak:
    Soale gw pernah ampir ribut ama orang gara2 dia belok uda ga pake sen, ga pake spion pula. Gw klakson aja kenceng2 pas dia motong jalan mo belok. Dia protes, gw tanya aja, punya spion ga? Akhirnya cuma bisa diem dia..

    thez al fajr’s last blog post..CINTA RASULULLAAHI SHALALLAAHU ALAIHI WASALAM…

  9. *ikutan nimbrung*
    iyaaa, uhhh saya paling sebel sama knalpot motor yang kenceng bangett.. uh! rasanya pingin nimpukin. :angelmarah:

  10. Santai ajah @Mas Donny… khan juga baru dicolek.
    Yang banyak dicabut malah lokasinya ber-AC, bersih, banyak perawat cantik,dokter ayu,… alias “Rumah Sakit” 😀

    haniifa’s last blog post..Mekah sebagai pusat bumi 4

  11. serem amat sampe dicolek malaikat maut :p

    jadi intinya mau beli mobil ya? :tweety5:

  12. Ly

    :setanngambek: pernah sayah jatoh pas di puteran itu gara² pengemudinya ngantuk… gak ada ujan gak ada angin pas belokan…. gubraakkk….gak sadar dah di aspal …. ;-(

    Ly’s last blog post..Sunset Carita

  13. Safety Riding ya!!! :tweety5:

    nengbiker’s last blog post..Money!

  14. itulah mengapa sampai saat ini saya masih cinta dengan Angkot….

    naek motor selain kemungkinan kecelakaannya besar, sy juga nggak bisa mengendarainya :D, dan sy nggak suka dengan kredit…… dan nggak suka juga dengan membayar tiap bulannya heuehuehueh

    adit’s last blog post..Pelatihan Ruby on Rails di Bandung

  15. nglanggar marka. haha…. pernah tuh mbak kosku kayak gitu. alhasil, motornya sampe mau nabrak rumah orang. hayah… mungkin, kesadaran berkendara masyarakat indonesia emang rendah kali. buktinya, belum pinter pake motor aja udah berani bawa motor di jalanan besar. trus, buat sim pake acara ‘nembak’ segala. biar cepet katanya. so? :tweety3: kayaknya semua perlu introspeksi diri. baik pengguna kendaraan ‘besar’ atau yang ‘kecil’. :bayinyengir:

  16. Wohoho….
    Ternyata Indonesia tercintah ini dimana-mana sama ya…
    Kirain cuman di Lombok yang begitu.
    Suami sering stress melihat tingkah pengendara yang sepertinya tidak tahu aturan berkendaran di jalan umum.

    ‘Nin’s last blog post..Masa Kecil Dulu dan Kini

  17. supir metro mini kayaknya yg paling sabar tuh. Kalau isinya lagi kosong, jalannya lebih lambat daripada siput.

    bank al’s last blog post..Penyesalan atas kasus Blogger Penipu

  18. #Tambahan pelanggaran

    (Kalo malem/subuh2) pengendara motor gak ngidupin/gak punya lampu.

    Udah 3-4 kali saya hampir nabrak motor lain karena “gak keliatan” gitu.

    #Klo supir angkotnya “songong” banget (nyalip dari kanan, atau berhenti mendadak, atau gak ngasih sen kalo mo berhenti, misalnya)

    Saya akan melakukan satu di antara dua: Nyamperin supirnya sambil ngomel, atau mengklakson sepuas-puasnya (baca: se-lama mungkin) sambil melototin supir angkotnya. :tweety1:

    Ya gitchu deh! :tweety3:

    Ales’s last blog post..Keluhan Orang Melankolis

  19. betul itu mas.. kadang2 memang manusia itu jarang berfikir apakah tindakannya merugikan orang sekitar atau tidak.. pokoknya mereka senang itu udah cukup buat mereka, saya paling jengkel kalau melewati orang yang mlm2 tidak pakai lampu, atau belok tidak pakai sein.. pasti saya teriakin.. “woi lampunya nyalain!!”
    siapa lagi yang bisa nyadarin mereka kalau bukan kita.. 🙂

    dimas’s last blog post..Rian si homo..

  20. itulah sulitnya menegakkan budaya tertib berlalu lintas di negeri ini, mas donny. sering kali para pengendara tak pernah memperhatikan keselamatan diri sendiri, apalagi orang lain. kapan ya, kita bisa menyaksikan suasana lalu lintas yang bersahabat bagi pemakain jalan?

    sawali tuhusetya’s last blog post..Dirgahayu dan HUT Ke-63 RI

  21. Kalau saya paling sebel dengan pengendara motor yang tidak menggunakan/menyalakan lampunya di malam hari. Heran, maunya apa gitu? Selain membahayakan dirinya, juga membahayakan kendaraan lain.

    Riyogarta’s last blog post..Jenglot

  22. kang donny… :daah:
    masih untung dicolek, kang. Belum dirangkul or diajak makan malam :setan1:

    ya memang begitu kalau dijalan raya, kang donny nya hati2, tapi khan oranglain belum tentu hati2.hehehe

    nah…,saya punya tips yang aman,gimana biar ndak ditabrak, motor kang donny jangan dinaikin, tapi didorong, khan kang donny jadinya bisa ngawasin keadaan sekitar tanpa takut tertabrak :bayingakak:

    calon_akhwat’s last blog post..Kenapa Mbak pilih PKS?

  23. Iya nih, makin banyak pengendara sepeda motor yang sembrono, sambil menilpon….kayaknya begini ini hanya ada di Indonesia.

    edratna’s last blog post..8-8-08

  24. selamat datang di dunia permotoran don, hahah amotor anyar nya

    chatoer’s last blog post..Sabtu – Minggu, Tetep Capek

  25. gitu deh kalo naek motor….
    ngeri, kadang2 gak sadar kita kebut2an. ga berasa apa2 padahal orang lain yang ngeliat pada ngeri

  26. gitu deh kalo naek motor….
    ngeri, kadang2 gak sadar kita kebut2an. ga berasa apa2 padahal orang lain yang ngeliat pada ngeri. ati2 banyak setan nyang bisikin kita supaya kebut2an

  27. lebih aman naik angkot aja deh
    .-= resep masakan´s last blog ..Resep kolak biji salak =-.

  28. resep masakan´s last blog

  29. kalo bisa nyetir sambil blogwalking hayooo

Leave a Reply

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén